Cara Mancing Ikan Nila Paling Benar

Cara Mancing Ikan Nila Paling Benar

Ikan nila, siapa sih yang tidak mengetahui ikan yang suka hidup di sungai, waduk, atau pun rawa ini. Tentu semua pemancing mengetahuinya bahwa ikan nila ini sangat mudah sekali di temui di beberapa tempat yang di sebutkan tadi. Karakteristik atau sifat dari ikan nila ini adalah rakus dan mudah sekali di kembang biakan dengan fisik yang lumayan kuat di dalam air yang keruh. Benar saja bahwa ikan nila ini bisa berukuran sangat besar yang hidup di dalam sebuah perairan liar.


Memang di seluruh penjuru negara indonesia terdapat ikan nila ini namun tahukah anda bahwa ikan nila ini tidak berasal dari negara kita melainkan berasal dari afrika. Namun begitu ikan nila ini memiliki populasi yang tidak sedikit di perairan air tawar di indonesia. Maka dari itu banyak orang yang memburunya sebagai ikan konsumsi sekaligus untuk di budidayakan. Nah sekarang ini kita akan membahas tentang cara mancing ikan nila yang benar dan juga apa umpan yang paling tepat untuk menangkap ikan tersebut.

Cara Mancing Ikan Nila Besar

Seperti di awal artikel tadi anda perlu memilih spot memancing yang tepat seperti perairan di sungai yang masih jauh dari pemukiman warga. Juga jika ada waduk atau danau di sekitar rumah anda di pastikan populasi ikan nila di dalam waduk tersebut cukup banyak. 

Untuk cara mancing ikan nila yang pertama adalah anda bisa memilih umpan lumut sebagai umpang yang paling tepat untuk menangkap ikan nila ini. Benar sekali lumur ada beberapa jenis seperti:

Lumut halus yakni lumut yang bertektur seperti helai kapas. Lumut halus ini sangat di sukai ikan nila yang masih anakan. Jadi anda bisa menyiapkan lumur halus ini untuk melapisi umpan utama agar tidak di kerubuti nila anakan.

Lumut agak kasar, untuk lumut ini adalah lumut campuran halus dan lumut yang kasar sehingga cocok untuk menggaet ikan nila remaja.

Lumut kasar, lumut ini hampir mirip sapu ijuk yang mana memiliki ketebalan dan tingkat kekasaran yang cukup tinggi. Lumut ini sangat cocok untuk menargetkan ikan nila yang besar. Namun anda perlu memberikan beberapa garam untuk membuat tekstur lumut lebih lembut agar mudah di tempelkan ke kail.

Cara Mancing Ikan Nila Paling Ampuh

Untuk teknik cara mancing ikan nila selanjutnya anda bisa melempar kail yang sudah di berikan lumut tadi ke rumpon atau di pinggir sungai yang banyak dahan pohonnya. Memang harus berhati – hati agar pancing anda tidak tersangkut ke dahan pohon. Namun biasanya ikan nila suka berteduh di rumpon pada siang hari. Usahakan umpan bisa sampai ke dasar sungai dan tarik perlahan – lahan untuk menggoda ikan nila besar. 

Itu lah beberapa cara mancing ikan nila dan umpannya yang mungkin bisa membantu anda, selamat memancing dan sampai jumpa.

5 comments:

  1. nice information - http://essenaquatic.xyz/umpan-oplosan-essen-ikan-mas-harian/

    ReplyDelete
  2. terimakasih infonya

    https://tokoaquatic.com

    ReplyDelete
  3. makasih atas infonya sangat membantu, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2Nt4N9P

    ReplyDelete